Berita Seputar Kita | Kesehatan,Teknologi,Politik

[diambil dari beritajatim.com]

Hasil Uji Lab Susu Milk Kuat Negatif

13 Oktober 2010 18:27:10 WIB
Reporter : Harry Purwanto

Lumajang (beritajatim.com) – Hasil uji sample Susu MIlk Kuat dan Makanan Kue Heci yang diduga menjadi penyebab keracunan puluhan siswa SD Pajarakan 02 Kecamatan Randuagung oleh Dinas Kesehatan Lumajang ke Kementerian Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik, Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya, negatif.

Bahkan baik uji Bakteriologi dan Kimia terhadap susu produksi Danone tidak ditemukan zat atau bakteri yang membuat siswa keracunan. “Hasil uji lab baik Susu Milk Kuat dan Heci semua negatif,” kata kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) dan Penyehatan sanitasi Dasar (PSD) Dinkes Lumajang, dr. Halimi Maksum diruang kerjanya, Rabu (13/10/2010).

Menurut dia, sampel yang diteskan ke Surabaya, padahal sudah yang memiliki bau yang menyengat dan berbeda dengan susu Milk kuat lainya. Bahkan, semua sampel sisa dari siswa keracunan. “Saya juga heran mas, tapi ini sudah hasil uji lab, jadi kami tetap mengacu pada ini,” jelasnya.

Dari surat yang dikirim Balai Besar Laboratorium Kesehatan Surabaya, hasil tes untuk kandungan bahan kimia pada Susu Milk Kuat dan Kue Heci seperti, NITRIT,CYANIDA, ARSEN LOGAM BERAT, semuanya NEGATIF. Pada uji Bakteriologi seperti Salmonella, E.coli, St Aureus, V Cholerae, B Cersus, Clost Perfringens juag hasilnya negatif.

Meski hasil uji laboraturium negatif, tambah Halimi, pihaknya masih menunggu tim Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jatim yang akan turun ke Lumajang untuk melakukan investigasi. Rencananya investigasi akan dilakukan ke Sekolah SD Pajaraakn 02, Dinkes Lumajang dan Kepolisian Resort Lumajang. “Minggu-minggu petugas BPOM akan datang kesini untuk investigasi terkait siswa diduga keracuna susu,” jelasnya. [har/kun]